Ads 468x60px

Labels


2015/03/12

Ujian Praktik Fikih, Merawat Jenazah

Salah satu kelompom mempraktikkan memandikan jenazah
Pada minggu ini MTs Negeri Kepohbaru mengadakan ujian praktik untuk kelas 9 dan ujian tengah semester (UTS) untuk kelas 7 dan 8. Ujian praktik ini merupakan awal dari rangkaian Ujian Akhir Madrasah (UAM), Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional  (UAMBN) dan Ujian Nasional (UN) tahun ini.

Namun ada pemandangan berbeda terjadi pada hari kedua ujian praktik, kemarin (10/3). Pada hari itu sebanyak 226 anak mengikuti ujian praktik mata pelajaran (mapel) Fikih. Praktiknya, berupa merawat jenazah. Mulai memandikan, mengafankan dan mensholatkan jenazah.

Pakih, salah satu guru Fikih dan juga koordinator penguji, mengatakan merawat jenazah ini sangat penting. "Semua orang muslim harus tahu dan bisa. Terutama kalian semua alumni MTsN Kepohbaru. Harus bisa," tegasnya saat memberikan pengarahan kepada seluruh peserta ujian di lapangan sebelum ujian dimulai.

Masih kata Pak Pakih, sapaan akrabnya, peserta dibagi menjadi empat kelompok. Dengan rincian dua kelompok siswa laki-laki dan dua kelompok siswa perempuan. "Sebab, ketika merwat jenazah, jika (jenazahnya) laki-laki, yang merawat harus orang laki-laki. Begitu juga sebaliknya, jenazah perempuan harus dirawat orang perempuan", imbuhnya.

Ujian praktik ini dibuat hampir sama dengan sebenarnya. Alat peraga (torso) jenazahnya ada dua macam. Yakni, jenazah laki-laki dan perempuan. Setiap kelompok mempraktikkan memandikan jenazah. Ada tiga anak yang memangku jenazah. Dua anak bertugas menyiramkan air pada jenazah. Satu anak menyabun dan membersihkan kotoran yang masih menempel pada jenazah. Dan yang lain membentangkan kain (jarit) mengelilingi proses memandikan jenazah.

Sementara, praktik mengkafani, alat peraganya menggunakan boneka biasa yang terbuat dari kain.

Di sisi lain, ada beberapa peserta ujian praktik merasa takut dan enggan mengikuti praktik. Salah satunya adalah Sulasih, sisw
i kelas 9A2. Dia mengatakan sangat takut saat melihat teman-temannya memandikan "jenazah". "Saya takut pak, prakteknya seperti beneran," katanya sambil menutup kedua matanya dengan tangan. (Slam)

0 comments:

Post a Comment

 

MTs Negeri Kepohbaru

Alamat : Jl. Budi Utomo 190 Kepohbaru Kab. Bojonegoro
email : mtsn_kepohbaru@yahoo.com

Visi

Visi:
“Terwujudnya Insan yang Berkualitas di Bidang Imtaq dan Iptek”

Sample Text